.

Semua Jenis Layanan Informasi Keuangan

.
.

Semua jenis layanan bidang keuangan di lingkungan Universitas Pendidikan Mandalika tertera di sini


» Setting Tagihan Keuangan Mahasiswa

Biro Keuangan men-setting tagihan keuangan mahasiswa ke aplikasi sistem keuangan. Selanjutnya, mahasiswa bisa mengakses tagihan keuangannya melalui SIAM, dan dengan sistem Host to Host, tagihan keuangan tersebut akan muncul pula di bank mitra Universitas Pendidikan Mandalika.

» Layanan Aktivasi Pembayaran

Aktivasi pembayaran adalah layanan pengaktifan status akademik mahasiswa pasca pembayaran SPP, sehingga mahasiswa bisa melakukan pengisian KRS di awal semester, atau mencetak Kartu Ujian UAS di akhir semester. Administrasi keuangan mahasiswa (pembayaran Dana Pengembangan, SPP Cicilan I – II, dan lain sebagainya) pada dasarnya terkait langsung dengan administrasi akademik mahasiswa (KRS, perkuliahan, ujian tugas akhir/skripsi/tesis, dan lain sebagainya). Pembayaran SPP Cicilan I menjadi syarat pengisian KRS pada semester ganjil dan semester genap, sedangkan pembayaran SPP Cicilan II menjadi persyaratan untuk bisa mencetak Kartu Ujian UAS pada semester ganjil dan semester genap.

» Layanan Aktivasi Beasiswa

Aktivasi beasiswa adalah pengaktifan status akademik bagi mahasiswa penerima beasiswa penuh, sehingga mahasiswa tersebut bisa melakukan pengisian KRS di awal semester, atau mencetak Kartu Ujian UAS di akhir semester.

» Layanan Dispensasi

Apabila mahasiswa ingin aktif kuliah tetapi belum bisa melakukan pembayaran SPP Cicilan I atau II, mahasiswa bisa mengajukan dispensasi pembayaran

» Pengunduran Diri Mahasiswa Baru
» Penerimaan LPJ Keuangan

Sebagai unit akuntabilitas publik, semua anggaran cair harus dilaporkan penggunaannya. Laporan pertanggungjawaban (LPJ) keuangan disampaikan oleh unit terkait melalui laporan detail item pembelanjaan beserta biayanya, serta menyerahkan bukti fisik penunjang ke Biro Keuangan. Dalam 1 tahun anggaran (Juli – Juni tahun berikutnya), penerimaan LPJ keuangan dibatasi sampai dengan tutup buku tahun angaran, yaitu akhir Juni.

» Rekonsiliasi Rekening Koran

Rekonsiliasi rekening koran dimaksudkan untuk mencocokkan antara catatan transaksi yang ada di bank dengan catatan keuangan yang ada di aplikasi sistem keuangan, baik seluruh pemasukan maupun seluruh pengeluaran pada tahun anggaran yang berlaku.

» Laporan Keuangan

Setelah tutup buku tahun anggaran pada bulan Juni, Biro Keuangan membuat laporan keuangan lengkap selama 1 periode tahun anggaran yang sudah berlaku, dan laporan tersebut akan disampaikan kepada Pimpinan (Rektor dan Wakil Rektor). Laporan keuangan tersebut berisikan informasi keuangan yang di dalamnya termasuk catatan pemasukan, pengeluaran, dan laba dalam 1 tahun anggaran. Laporan keuangan ini akan dapat menjadi salah satu pedoman di saat ada pemeriksaan atau audit keuangan dilakukan oleh lembara.